Senin, 28 Desember 2009

SPORT

Presiden FIA: F1 Mahal!

Devy Lubis - Okezone

PARIS - Formula 1 masih terbilang kompetisi elit yang menguras banyak uang. Mahal! Itu sebabnya, presiden FIA terpilih Jean Todt berjanji akan meneruskan program kerja Max Mosley membuat F1 murah meriah.


Todt berkaca pada kenyataan hengkangnya sejumlah tim pada musim 2009. Dana yang lumayan besar memaksa tiga pabrikan memutuskan berhenti berinvestasi. Honda, BMW dan Toyota menarik seluruh sahamnya dari F1.

Kendati banyak tim baru bermunculan, Todt agaknya waspada. Sebab, bukan mustahil pabrikan lain menyusul tiga manufaktur tersebut.

Seperti dilansir motorsport.com, Senin (28/12/2009), kepada Le Figaro, Todt mengatakan: "F1 terlalu mahal."

"Saya sedih Honda, BMW dan Toyota harus keluar. Tapi itu konsekuesi bagi mereka yang gagal mencapai target padahal sudah mengeluarkan banyak uang. Tak terelakkan lagi," tambahnya.

Pernyataan Todt yang terkesan memihak Mosley berpotensi membuka perang dingin dengan Ferrari. Diketahui, Tim Kuda Jingkrak lah yang selama ini menentang upaya pemotongan anggaran.

"Jika ingin F1 bertahan, kita harus sama-sama sadar dan menentukan keputusan terbaik untuk kebaikan bersama," tandasnya.

(dnl)

0 komentar:

Posting Komentar