Senin, 28 Desember 2009

Berita

Kecam Agresi Israel Warga New York Berdemo

Fajar Nugraha - Okezone

NEW YORK - Ribuan demonstran pro Palestina melakukan aksi mereka di New York, Amerika Serikat. Aksi memperingati setahun serangan Israel ke Palestina ini diikuti berbagai elemen masyarakat New York.

Pendemo yang terdiri dari kalangan Muslim, Kristen, dan aktivis HAM Yahudi, bergerak bersama mengecam perang yang dilancarkan Israel selama tiga minggu di Gaza. Dalam protes tersebut, para pendemo mendesak negara-negara di dunia untuk melawan kejahatan perang terhadap warga Palestina.

"Sekarang waktu untuk berdiri bersama rakyat Palestina, saat dunia melawan aksi genosida yang dilakukan Israel," ucap pemuka agama Yahudi New York Joseph Cohen, seperti dikutip dari IRNA, Senin (28/12/2009).

Cohen juga menambahkan jika rezim Israel bukan hanya musuh rakyat Palestina, tetapi juga musuh bagi rakyat Israel sendiri.

Serangan yang dilancarkan Israel ke Gaza pada 27 Desember lalu dilakukan atas alasan membela diri Tel Aviv, atas perlawanan Hamas. Lebih dari 1.400 warga Palestina termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam peperangan akhir tahun 2008 lalu tersebut.

Dalam peperangan tersebut militer Israel diketahui memakai senjata kimia berupa bom fosfor putih. Pada perang tersebut serangan udara miliki Israel sempat menghancurkan sebuah sekolah milik PBB, termasuk aksi penembakan prajurit Israel yang diarahkan ke rumah sakit, ambulans, tim medis serta kediaman warga sipil Palestina. (faj)(rhs)

0 komentar:

Poskan Komentar