Kamis, 17 Desember 2009

Popcorn=Kanker????

Popcorn Pemicu Kanker

Mengunyah popcorn saat menonton bioskop atau dvd di rumah memang sangat asyik. Bukan hanya mata yang dimanjakan dengan suguhan film tapi lidah pun dimanjakan dengan rasa gurih tiap butir popcorn yang dikunyah. Tapi tahukah kita, cemilan ini ternyata berbahaya bagi tubuh kita.

Masalahnya ada pada zat kimia yang bernama asam perfluorooctanoic (PFOA). Zat kimia yang berada pada wadah atau kemasan kertas yang sering kali digunakan untuk pembungkus popcorn. Letak bahayanya, zat kimia ini merupakan bagian dari senyawa yang dapat berdampak pada ketidaksuburan. Hasil ini diperoleh berdasarkan studi yang baru-baru ini diselenggarakan UCLA.

Pada percobaan terhadap hewan, asam perfluorooctanoic menyebabkan terjangkitnya penyakit hati, kanker testis, dan kanker pankreas. Seperti dilansir MSN, penelitian menunjukkan bahwa microwave tempat pembuatan popcorn menyebabkan penguapan bahan kimia pada kemasan yang kemudian berpindah ke dalam popcorn.

“Bahan kima tersebut menetap di dalam selama bertahun-tahun, dan menumpuk di sana,” ujar Naindeko, salah seorang tim peneliti. Inilah salah satu alasan para peneliti khawatir jikalau tingkat kanker pada manusia mendekati jumlah kanker pada hewan percobaan di laboratorium.

Sumber : SINDO

0 komentar:

Poskan Komentar