Jumat, 16 April 2010

Walt Disney


Walter Elias Disney atau populer sebagai Walt Disney (5 Desember 1901 - 15 Desember 1966) adalah produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara dari Amerika Serikat. Walt Disney pernah dipecat dari perusahaan koran karena dinilai kurang kreatif. Bersama saudara kandungya, Roy Oliver Disney, Walt mendirikan The Walt Disney Company dan sekarang terkenal dengan berbagai film dan taman bermainnya, seperti Disneyland dan Disney Resort Paris.

Masa Kecil

Walt lahir di Chicago, Illinois dengan orang tua bernama Elias Disney dan Flora Call. Pada 1906, mereka semua pindah ke sebuah peternakan dekat Marceline, Missouri.

Walt bersekolah di Breton Grammar School dan lulus pada 1917, Walt juga belajar di Chicago Art Institute. Pada Perang Dunia I, Walt berpartisipasi sebagai supir ambulans di umur 16 tahun. Walt mengaku lahir pada tahun 1900 agar diikutsertakan. Walt terdaftar sebagai Pasukan Ambulans Palang Merah Amerika di Perancis1919. sampai

Sebagai pendiri (dengan saudara lelakinya Roy O.Disney) dari Walt Disney Production, Walt menjadi satu produser gambar bergerak yang terkenal di dunia. Walt Disney secara khusus dicatat sebagai seorang produser film dan pemain sandiwara yang terkenal, sebagai penemu dalam bidang animasi dan desain penempatan suara (tema). Dia dinominasikan untuk memperoleh 48 Academy Award dan 7 Emmy Award, serta memegang rekor untuk nominasi oscar terbanyak. Di tahun 1925 dia menikah dengan Lilian Bounds, yang pada waktu itu bekerja di Ink & Paint department di studio, dan mereka menikah sampai akhir hidupnya. Mereka mempunyai 2 putri, Diane dan Sharon. Meskipun Sharon adalah anak adopsi, Walt tetap merawatnya seperti anak kandungnya.

Awal Karir

Setelah kembali ke Amerika Serikat, Walt pindah ke Kansas dan bersama Ub Iwerks mendirikan "Iwerks-Disney Commercial Artists". Pada 1922, Walt mendirikan Laugh-O-Grams, Inc. yang menyajikan kartun dari cerita-cerita dongeng. Serial tersebut populer namun tidak mampu menghasilkan laba. Perusahaan tersebut bangkrut pada 1923 setelah selesai membuat Alice's Wonderland.

Atas undangan Roy, Walt pergi ke Hollywood, California tanpa stafnya namun hanya membawa Alice's Wonderland. Di sana bersama Roy, Walt mendapatkan kontrak untuk Alice Comedies. Virginia Davis sebagai Alice dan Ub Iwerks segera dipanggil ke Hollywood. Alice Comedies ternyata sukses dan berlanjut sampai 1927. Dia meninggal pada tahun 1966.

0 komentar:

Poskan Komentar